Powered by Blogger.

Kanal Informasi dan Inspirasi Pendidikan Terkini

Wednesday, October 17, 2012

Cara Jitu Sukses Ngampus (Ma'rifatul Medan)

0 comments
Secara naluri kemanusian pasti setiap orang ingin terus memperdalam pengetahuanya dan menambah banyak pengalamanya, namun sayangnya tidak semua orang lho yang dapat ngelanjutin studinya dalam rangka memperdalam pengetahuanya secara formal. Banyak faktor yang menyebabkan tidak bisa melanjutkan studi secara formal diantaranya yang paling sering adalah faktor pendanaan, kemudian memang tidak bisa bersaing untuk masuk keperguruan  tinggi dan akhirnya ya harus menuntut ilmu dari guru pengalaman hidup.

Jadi intinya sangat beruntung banget bagi mereka yang dapat melanjutkan pendidikanya sampai kejenjang perguruan tinggi karena tidak semua orang bisa merasakan kesempatan tersebut, tapi maslahnya adalah hidup untuk beberapa kondisi tersa sangat tidak adil, coba deh bayangin aja orang yang diberi kesempatan buat belajar dikampus eh..!! malah g serius belajarnya, dan waktunya terbuang sia-sia kadangkala malah nambah beban negara lagi, karena dapat beasiswa hehe. Padahal masih banyak orang yang punya niat dan semangat baja keras luar biasa untuk menuntut ilmu dijalur formal seperti perguruan tinggi tetap;i tidak bisa masuk keperguruan tinggi dikarenakan g da biaya, sangat tidak adil bukan.,?? Begitulah kehidupan mengajarkan banyak hal ya gak gays...

Nah buat kamu-kamu, ente-ente, loe-loe, anda-anda, u-u (you-you) dan koe-koe semua yang dapat kesempatan masuk keperguruan tinggi jangan disia-siakan kesempatan tersebut buat bener-bener belajar dan meraup segala ilmu sebanyak-banyaknya, karna ntar kalau udah selesai dari kampus baru akan menyesal ngapain dulu g' serius kuliahnya... pengelaman beberapa orang yang udah kelar ngampusnya, jadi nambah pengangguran.

Nah nee lagi nyesel kemaren waktu ngampus g serius jadi frustrasi ( jangan diambil serius ya gays cuman ilustrsi aj)

So bagi yang dah dapat kesempatan ngampus harus serius meraup ilmu dikampus sehingga g menyesal di kemudian hari. Loe-loe semua pasti tahu kan (eh salah... hehe tau maksudnya) kesuksesan dimasa depan kita adalah diawali dengan kesuksesan ketika ngampus. Pasti teman-teman para mahasiswa setujukan dengan pernyataan saya tersebut ?? ( kalaupun g' setuju semua ya 99,9% lah yang setuju hehe, sedikit mkasa). Banyak banget contohnya mereka yang sukses di kampus akhirnya sukses juga di karir masa depanya, baik itu politikus, akademisi, praktisi dan pengusaha sekalipun, kalau ente-ente g percaya tanya aja langsung ke orang sukses yang loe kenal, dulu ngampus tau g? pasti hampir semua menjawab ngampus dan sukses g' ketika di kampus?.. pasti jawabnya sukses, kalau g' tidak mungkin saya hari ini bisa seperti ini ( sok sudah ngalamin sukses hehe....).

Baik lah dah terlalu banyak bercuap-cuap ne.. bagi teman-teman para mahasiswa terutama yang masih baru jadi mahasiswa  gua mau tanya nee,,, pada pengen sukses g dikampus??( pertayaan pertama ketika ane ngisi training, ceritanya menceritakan pengalaman ketika dikasih kesempatan jadi trainer n bagi pengalaman dengan mahasiswa baru hehe), nah jawabnya hampir 100% orang diruangan ngejawab PENGEENNN. Untuk bisa sukses dikampus bukanlah perkara mudah karena di kampus itu multi-multi semuanya, bercampuraduk dan perlu keteguhan hati untuk bisa terus mengusung cita-cita yang dibawa dari kampung ( maaf bagi yang berasal dari kota, namun sama saja kok hehe). Maka kita semua perlu cara jitu supaya tetap bisa survive di kampus dengan indentitas kita dan tidak terbawa arus lingkungan kampus yang beranekaragam. Cara jitunya banyak banget sih untuk sukses dikampus, langkah kita harus diawali dengan yang namanya kalau bahasa kerenya Ma'rifatul Medan, kayak orang mau peran aja ya hehe, yaitu harus mengenal apa itu kampus?, ada apa dikampus? dan terakhir ngapain kita harus ngampu?

Untuk menjawab pertanyaan diatas ne dia. Kampus itu adalah tempat belajar, ada gedung, ada taman, ada parkir, ada sarana olahraga, ada sarana buat nyeni, ada dosen, ada pegawai, ada internet gratis ( g semua kampus kaleee hehe, yg g da sabar ya) dan masih banyak lagi, kalau ini pasti semua dah taukan hehe.



Wah kalau jawabanya kayak diatas jadi kayak anak SD aja ya. Kampus itu merupakan laboratorium kehidupan dan miniatur sebuah tatanan kehidupan, dikampus akan banyak hal yang kita jumpai berkaitan dengan kepribadian teman selingkungan, yang juga akan mempengaruhi kepribadian kita, nah kalau kita slah bergaul maka akan sangat bahaya untuk cita-cita besar yang kita usung didalam sanubari kita, bisa jadi tu cita-cita hanya jadi mimpi saja. Begitulah kompleksnya kampus sehingga bukanlah perkara mudah bagi kita untuk bisa sukses dikampus. Maka dari awal kita harus mengetahui seluk beluk kampus. Di kampus selain kita belajar sesuai dengan bidang kita masing-masing ( yang anak kimia ya belajar kimia aja formalnya, yang ada pendidikan ya belajar cara mengajar aja formalnya, selebihnya ilmu pelengkap untuk kepribadian yang kadang g terasa ngefek buat mahasiswa karena orientasinya sudah lari hanya nilai aja yang ingin di raih), kampus sebagai sarana untuk mendapatkan keilmuan lain seperti skill komunikasi, leadeship, dan soft skill lainya yang semuanya itu dapat kita peroleh dari berbagai macam kegiatan yang diadakan dikampus oleh organisasi kemahasiswaan. Jadi intinya kampus itu bukan hanya tempat belajar formal tapi lebih dari itu semua.

Kita juga harus tau untuk apa kita ngampus jika ingin sukses dikampus, ada banyak versi jawabanya mengapa kita ngampus diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Ngampus cuma buat nyenengin orang tua

Kebanyakan alasan pertama orang ngampus adalah buat nyenengin orang tua, jadi tersiksa banget dong orang yang ngampus dengan alasan seperti ini, wah kayaknya lebih bagus orang tuanya aja yang ngampus tu, jadi g buang biaya sia-sia hehe. Ini kondisi kebanyakan, pada umumnya orang tuanya lah yang punya ide visioner untuk masa depan anaknya, nah semoga bagi para mahasiswa yang ngebaca coretan ini bukan tipe seperti ini, kasihan orang tua dirumah yang memabnting tulang untuk biaya kuliah ruapanya kita g serius belajar dikampus

2. Ngampus biar bisa cari uang banyak

Ini juga jawaban kebanyakan mahasiswa kuliah supaya bisa cari uang banyak, shingga segala cara dilakukan untuk memperoleh hasil terbaik didalam perkuliahan, sehingga ketika mencari kerja untuk ngumpulin uang lebih mudah karena IPK nya tinggi, semoga aja yang baca tulisan ini tidak ini motovasinya hehe

3. Ngampus buat cari jodoh

Nah kalau yang ini banyak buktinya hehe, dikampus seperti biro jodoh jadinya, akhirnya ketika kuliah waktunya dihabiskan dengan kegiatan memadu asmara,, asyeekkk. Akhirnya kuliahnya keteteran dan g selesai-selesai deh, semoga yang baca tulisan ini juga g seperti ini tujuan kuliahnya.

4. Ngampus ketimbang tidur dirumah


Ada juga alasanya orang ngampus katanya ketimbang tidur dirumah, waduh jadi mendingan tidur dikampus gitu ya dari pada dirumah, kan banyak tu mahasiswa yang angguk-angguk ketika bapak-ibu dosen lagi nerangin pelajaran. Kebayakan mahasiswa yang ngampus dengan kondisi seperti ini dia g tau mau dibawah kemana ketika kekampus jadi ngikut-ngikut aja, untung-ungtung jika yang diikutin itu teman-teman yang baik nah kalau tidak merugilah dia. Semoga yang baca tulisan ini g seperti ini alasan ngampusnya.

Nah ngapa kita harus ngampus karena kuliah itu adalah ivestasi yang sangat berharga dalam kehidupan kita makanya tidak boleh main-main dan harus sukses di dalam proses kuliah nya.

Kemudian bagaimana kita bisa dikatakan sukses dikampus,.?? apakah dengan IPK 3,0 keatas kita sudah dikatakan sukses dikampus..? atau lulus dalam jangka waktu 4 tahun kita bisa dikatakan sukses dikampus..? jawabnya adalah iya, tapi bukan ini barometer pokoknya, kita dikatakan sukses ketika selama proses perkuliahan banyak ilmu yang kita serap tidak hanya dibidang kita saja, tetapi keilmuan lain juga harus kita kuasai seperti soft skill ( leadership, managerial, integritas, motivasi dan masih banyak lagi), bahasa ( inggris minimal lah, kalau bisa jepang, jerman bahkan perancis plus bahasa daerah lainnya minang, jawa, batak dan lain-lain), dan yang terpenting kita dikatakan sukses dikampus ketika kita selesai dari kampus semua keilmuan yang kita dapatkan memberikan manfaat kepada orang lain.

No comments:

Post a Comment